Kamis, 05 November 2015

3 cara mengetahui masalah perusahaan kita

Kenalilah Masalah Perusahaan Anda







  BY 
Oleh Ir. H. Heppy Trenggono, M.Kom. [President Director United Balimuda]
Seorang dokter pemilik sebuah rumah sakit di Bekasi menyampaikan masalah keuangan yang dihadapi rumah sakit yang dikelolanya kepada saya. “Pak Heppy, saya memiliki masalah keuangan yang cukup rumit. Selama satu tahun ini keuangan saya chaos. Padahal pemasukan cukup baik . Tingkat hunian kamar rawat inap diatas 41 persen setiap bulan. Herannya, setiap bulan saya harus terus nombok 100 hingga 200 juta setiap bulan,” katanya malam itu.
Rumah sakit Pak dokter itu baru berdiri selama setahun ini. Sebelumnya dia mengelola sebuah klinik dan cukup berhasil. Karena cita-citanya ingin menyediakan layanan kesehatan yang prima dan islami di lingkungannya Pak Dokter ini mendirikan rumah sakit dengan tingkat pelayanan yang lebih massif.
Dari laporan keuangan yang diberikannya kepada saya, sebenarnya masalah yang dihadapi Pak dokter ini adalah “masalah biasa” yang dihadapi oleh pengusaha yang sedang start up. Namun karena tidak bisa melihat masalah perusahaannya masalah yang biasa saja dianggap sebagai masalah yang rumit.
Ibaratnya, sebelumnya Pak Dokter ini hanya mengendarai sepeda dan sekarang dia sudah membawa mobil. Tentu saja sangat berbeda skill yang dibutuhkan untuk menyetir mobil dengan sebuah sepeda.
Ada tiga jenis masalah yang dihadapi sebuah perusahaan, yakni masalah Normal, Abnormal dan Life Threatening. Masalah Normal adalah masalah biasa yang hampir selalu ada dalam setiap perusahaan.
Seperti seorang bayi yang sering terbangun dan menangis di tengah malam atau menjelang pagi. Tidak perlu diberi obat tidur untuk mendiamkan sang bayi. Bahkan bila obat tidur terus diberikan setiap kali dia menangis justru akan mengancam kehidupan bayi itu.
Masalah Abnormal adalah masalah yang tak lazim ada dalam sebuah perusahaan. Masalah jenis ini bisa muncul dari berbagai sebab. Umumnya masalah ini sering bersumber dari owner perusahaan itu.
Sedangkan Masalah Life Threatening atau masalah yang mengancam hidup adalah masalah luar biasa yang dapat membunuh perusahaan. Cara mengambil utang yang salah atau penanganan masalah normal yang keliru dapat menjadi masalah Life Threatening. Seperti bayi yang bangun dan menangis tengah malam yang terus diberi obat tidur tadi. Masalahnya normal tapi karena penanganannya yang salah berubah menjadi masalah yang mengancam hidup.
Maka sebelum menentukan tindakan apa yang akan diambil terhadap masalah yang terjadi dalam perusahaan anda, kenalilah dulu masalah apa yang terjadi dalamnya. Salah satu cara cepat untuk mendiagnosa masalah itu adalah laporan keuangan perusahaan.
Sayangnya banyak pengusaha yang tidak mau melihat atau memeriksa laporan keuangan perusahaannya. Alasannya beragam, ada yang takut melihat laporan itu karena banyak yang “merah” . Ada juga karena tidak bisa membaca laporan keuangan. Kalaupun bisa tetapi tidak fluent sehingga tidak bisa dengan cepat mendiagnosa masalah. Padahal dari sebuah laporan keuangan yang singkat mengandung sebuah cerita yang panjang tentang apa yang sedang terjadi dalam sebuah perusahaan.
Agar fluent membaca laporan keuangan maka ilmu tentang uang mutlak harus dikuasai . Di IIBF keahlian itu disebut dengan Financial Literacy dan setiap anggota IIBF harus menguasainya. Untuk menguasai itu cukup dengan mengikuti kelas financial literacy yang diadakan IIBF terdekat. Agar setiap muncul masalah dalam perusahaan dapat segera dideteksi tanpa harus menunggu menjadi masalah yang lebih serius. Sebab banyak yang salah memberikan treatment akibat tidak bisa mengetahui masalah sebenarnya.
Jadi kenalilah masalah perusahaan anda.

Keluar dari Kemelut







  BY 
Resensi Buku Menjadi Bangsa Pintar Karya Ir. H. Heppy Trenggono, M.Kom.
Oleh Muhammad Husnil [Peneliti Laboratorium Kota Paramadina]
Biasanya, di tengah perayaan kemerdekaan bulan Agustus timbul pertanyaan yang selalu diulang: benarkah kita merdeka? Pertanyaan itu, tentu saja, retoris. Tapi pertanyaan itu penting kita ajukan demi menguji seberapa jujur kita menanggapi keadaan bangsa ini yang sebenarnya. Pasalnya, setelah 64 tahun merdeka bangsa ini masih tertatih-tatih mengejar ketinggalan. Dan itu dipicu oleh pemerintah yang hingga saat ini belum juga memenuhi sejumlah hak-hak mendasar warganya seperti pendidikan murah dan pemerataan ekonomi masyarakat. Padahal, kita memiliki sumber daya alam yang sangat potensial untuk menjadi modal agar bangsa ini maju.
Tak ada yang tak ingin menjadi bangsa maju. Tapi kenapa ada negara yang luasnya tak seberapa seperti Belanda dan tak memiliki sumber daya alam bisa maju sementara Indonesia yang luas dan memiliki sumber daya alam melimpah masih tertatih-tatih? Hal ini membuat pengusaha muda seperti Heppy Trenggono kaget sekaligus kecewa.
Ia tak habis pikir, Indonesia pernah ditaklukkan oleh Belanda yang negaranya lebih kecil dari Indonesia. Selama lebih dari 350 tahun pula. Meski kecewa, ia tak lantas mengeluarkan sumpah serapah atau aksi mengutuk Belanda. Ia justru menawarkan jalan keluar. Setelah lama menimbang kelebihan dan kekurangan negeri ini, ia pun menuliskan tawarannya itu dalam buku Menjadi Bangsa Pintar.
Menurut Presiden Direktur United Balimuda itu, kemajuan sebuah bangsa ditentukan oleh mentalitasnya, cara berpikirnya. Indonesia, katanya dengan optimis, sangat bisa dan mampu berjaya kembali. Karena dalam sejarahnya Indonesia memang memiliki trah sebagai bangsa pintar dan pernah jaya. Banyak kisah menggetarkan yang lahir dari bangsa ini. Simak saja Kerajaan Majapahit. Di bawah kekuasaan Hayam Wuruk dan Patih Gajah Mada, kekuasaan Majapahit melebar ke negeri jiran seperti Tumapel (sekarang Brunei Darussalam). Itu dari sejarah Nusantara, sedangkan dari masa kemerdekaan kita melihat mentalitas itu dari sosok Soekarno dan Sjahrir.
Pada 1955, Soekarno memprakarsai Konferensi Asia-Afrika di Bandung; Sjahrir berjuang melalui diplomasi di luar negeri dan pernah memukau anggota PBB ketika ia mempromosikan kemerdekaan Indonesia. Mereka memiliki mentalitas maju, mentalitas sebagai bangsa unggul. Mereka berdua tidak ingin bangsa Indonesia terus-menerus berada dalam cengkeraman kaum kolonialis. Indonesia harus merdeka. Tapi sayang, mentalitas itu tidak dimiliki para pemimpin setelahnya. Oleh karena itu, bangsa ini terus-menerus terpuruk ke dalam jurang krisis.
Penyebab utama krisis itu adalah karena sebagian besar kita, terutama elite politik, mengidap mental indolance, yaitu kondisi mentalitas bangsa yang berfikir dan bersikap atas sesuatu masalah dengan cara meniru pada kebiasaan-kebiasaan sebagaimana yang dilihat, dan akhirnya membentuk pola pikir. Karena korupsi sudah sistematis, maka banyak orang menganggap korupsi adalah hal yang wajar. Inilah yang disebut mental indolance.
Untuk menghidupkan kembali kejayaan bangsa ini sebenarnya mudah saja. Syaratnya, kita harus mengelola segala yang kita miliki dengan baik, entah itu sumber daya alam atau sumber daya manusia. Namun, mula pertama kita harus mengubah mentalitas, cara berpikir kita. Untuk bisa memajukan bangsa ini, kita harus mengubah cara pandang agar menjadi bangsa pintar.
Dalam buku ini, Heppy Trenggono memaparkan sejumlah cara pandang agar kita menjadi bangsa maju. Misalnya, kita harus meyakinkan diri bahwa kita adalah bangsa yang menjadi pemain, bukan penonton. Bahwa hidup adalah permainan, banyak sudah orang mengamininya. Tapi satu hal yang alpa, bahwa konsep itu mengandaikan adanya penonton. Tak mungkin ada permainan tanpa ada penonton. Dalam hal ini, di antara kedua posisi itu tentu pemainlah yang memegang peran utama. Pasalnya, ia yang menentukan permainan. Apakah hendak dibuat indah, mencengangkan, ataupun menegangkan. Sementara penonton tidak lebih dari sekedar berkomentar.
Dalam hal ini, kita patut acungkan jempol kepada presiden pertama kita, Soekarno, atau perdana menteri pertama, Sjahrir, yang telah berjasa mengharumkan Indonesia ke dalam percaturan internasional. Mereka berdua adalah sosok pemimpin yang memiliki mentalitas maju, yang ingin menjadi pemain dan tidak hanya menonton.
Selain itu, kita juga harus memantapkan jalan kita saat ini sebagai bangsa penjual bukan pembeli. Pemerintah harus mulai memikirkan pengelolaan sumber daya alam oleh bangsa sendiri untuk dijual ke pasar luar negeri sebagai barang jadi, dan bukan sebaliknya menjual bahan mentah (barang modal) lalu membeli barang jadi. Bukankah aneh, di satu sisi bumi Indonesia adalah ladang minyak, tapi di sisi lain Indonesia adalah pengimpor minya terbesar di dunia. Kondisi ini ironis, sebab minyak yang kita beli itu sebagian berasal dari perut bumi kita sendiri.
Kehadiran buku ini kian menambah ragam solusi bagi bangsa ini untuk keluar dari kemelut. Kelebihannya, buku ini menawarkan solusi sederhana, dan karena itu sangat mudah untuk dipraktikkan. Inilah yang membedakan buku ini dari buku-buku mengenai kebangsaan dan keindonesiaan lainnya yang rata-rata merupakan buku “serius”. Karena disajikan secara ringan disertai nuansa reflektif, buku ini bisa dinikmati dengan santai tanpa perlu “memeras” otak. Tetapi sayang, kenikmatan membaca akan sedikit terganggu akibat penyuntingan naskah yang kurang ketat hingga di sana-sini terdapat banyak kesalahan ketik.

selimut motor, sarung motor, harga sarung motor, jual cover motor, harga motor honda, daftar harga motor honda, daftar harga motor, harga motor baru, cover motor, motor honda terbaru, harga motor honda terbaru, jual sarung motor, motor honda, harga motor terbaru, harga cover motor, harga motor, motor bekas surabaya, harga motor honda baru, cari motor bekas, harga selimut motor, jual motor honda, harga motor bekas, motor bekas dijual, jual beli motor bekas, jual motor bekas, mantel motor, motor bekas, cover motor murah, motor seken, motor murah, motor bekas honda, harga motor baru honda, motor bekas murah, jual beli motor bekas surabaya, jaket motor, motor terbaru, beli motor bekas, penutup motor, jual beli motor, motor honda bekas, harga motor seken, aksesoris motor, sarung motor murah, harga selimut, beli motor, jual motor bekas surabaya, sepeda motor honda, harga motor yamaha, motor dijual, cari motor seken, harga motor honda bekas, iklan motor bekas, jual selimut motor, harga motor bekas honda, motor second, motor bekas malang, harga sepeda motor honda, motor yamaha, daftar harga motor baru, harga mantel motor, otomotif motor, selimut motor murah, jual motor, motor bekas jakarta, dijual motor bekas, sarung motor matic, cari motor murah, harga motor second, daftar harga motor bekas, pasaran motor bekas, jual cover motor murah, cari motor bekas murah, motor bekas bandung, sepeda motor honda terbaru, harga penutup motor, cari motor, kredit motor honda, harga motor murah, kredit motor bekas, motor seken murah, motor second murah, daftar harga motor terbaru, motor dijual murah, harga harga motor, harga honda motor, sepeda motor, jual selimut, sarung motor vario, toko bagus motor, selimut sepeda motor, motor vespa, motor baru, honda motor terbaru, sepeda motor terbaru, jaket kulit, jual beli motor seken, cover sepeda motor, harga motor second honda, motor bekas semarang, jual beli motor murah, jas motor, jual motor bekas bandung, harga sepeda motor bekas, sepeda motor bekas, bursa motor bekas surabaya, daftar harga honda, jual motor bekas jakarta, harga motor baru yamaha, jual motor murah, jual beli motor bekas semarang, jual beli motor bekas bandung, harga motor matik, harga kredit motor honda, jual motor second, daftar harga kredit motor honda, grosir selimut, jual aksesoris motor, kaskus jual beli motor bekas, info harga motor, jual beli sepeda motor, harga mantel motor sarung motor murah, motor bekas bekasi, dijual motor, motor bekas jogja, jual beli motor honda, motor dijual jakarta, bursa motor bekas jakarta, kredit motor bekas jakarta, dealer motor honda, grosir cover motor, body cover motor, jual motor bekas murah, jual beli motor bekas jakarta, harga yamaha motor, harga jaket motor, iklan motor honda, harga sepeda motor, harga aksesoris motor, motorbekas, jual penutup motor, selimut murah, grosir selimut murah, moge bekas, motor trail bekas, cicilan motor honda, cari motor second, harga motor seken honda, kredit motor second, motor sepeda, harga motor yamaha mio, forum jual beli motor, daftar harga sepeda motor honda, beli motor online, jual beli motor second, bursa motor bekas bandung, harga motor yamaha baru, harga motor honda second, harga motor bekas jakarta, cover body motor, daftar harga motor honda baru, bursa motor bekas semarang, harga motor bebek, sarung motor vixion, sarung penutup motor, harga motor bekas surabaya, jual motor seken, motor matic murah, harga jas motor, pelindung motor, daftar harga motor second, motor jual, kredit motor bekas bandung, jual mantel motor, jualbeli motor bekas, jual motor baru, moge dijual, penutup motor matic, daftar harga motor seken, moge bekas dijual, penjualan motor, info motor bekas, cover motor vario, harga cicilan motor honda, harga mtr, harga jual motor bekas, motor dijual hari ini, hargamotor, motor murah dijual, motor gede bekas, motor paling murah, motor bekas di bandung, harga motor honda cb 100, situs jual beli motor bekas, motor harga, harga motor bekas murah, showroom motor bekas, harga jual motor, harga mantel, sepeda motor dijual, jual sepeda motor bekas, sepeda motor bekas surabaya, harga motor bekas bandung, toko selimut, motor cover, jual body motor, daftar harga sepeda motor, jual tutup motor, sepeda motor bekas medan, motor matic paling bagus, motor bekas murah jakarta, motor honda second, harga body motor beat, jual selimut murah, harga body motor, jual motor honda bekas, motor matik murah, harga motor bekas di bandung, penutup motor vario, beli motor baru, harga motor matic murah, kredit motor online, harga selimut murah, harga motor indonesia, penjualan motor bekas, harga kredit motor bekas, harga motor paling murah, mantel sepeda motor, motor bekas yogyakarta, cover motor beat, jual motor beat, motor bekas bogor, tutup motor murah, murah motor, dijual motor honda, motor second jakarta, info harga motor bekas, penutup sepeda motor, selimut grosir, body motor beat, brosur harga motor, dicari motor bekas, motor murah berkualitas, jaket motor anti air, jual mantel, jual motor matic, motordijual, harga motor bekas yogyakarta, bursa motor bekas medan, harga sepeda motor baru, motor dan harganya, harga cover, harga sepeda motor honda baru, daftar harga motor bekas jakarta, iklan jual motor bekas, cover sepeda, info jual beli motor, daftar harga sepeda motor bekas, harga spd motor, iklan motor dijual, toko jaket motor, motor motor murah, harga motor bekas di jakarta, jual mtr murah, harga harga motor bekas, motor murah jakarta, jual motor beat murah, motor bekas di medan, motor beat murah, iklan motor yamaha, harga motor bekas solo, motor harga murah, jual jaket motor murah, pasar motor bekas, sepeda motor second, info motor second, dijual motor murah, harga second motor, body motor vario, cover vespa, jual motor bekas di bandung, harga matic, motor bekas di jakarta, semua motor, harga motor matic paling murah, cari motor honda bekas, jual motor surabaya, motor honda bekas jakarta, grosir jaket motor, harga cover body vario, harga motor harga motor, motor dijual bandung, harga harga motor matic, motor gede second, harga beli motor bekas, harga body, iklan jual beli motor bekas, sarung sepeda, kredit honda motor, harga motor bekas jawa tengah, grosir body motor, selimut harga, motor bekas online, harga jaket motor murah, harga semua motor, harga mtr vario, harga body motor vario, motor besar bekas, motor dijual honda, sarung anti air, jual jaket biker, jual accessories motor, harga jaket biker, motor gede bekas dijual, harga sepeda motor termurah, bursa motor bandung, harga pasar motor bekas, harga cover beat, gudang motor bekas, pasar motor bekas jakarta, bursa motor bekas yogyakarta, kapan lagi motor bekas, motor 2nd, jaket untuk motor, jenis selimut, motor murah tapi bagus, iklan motor seken, motor murah dan bagus, iklan sepeda motor bekas, motor dijual semarang, harga motor lengkap, harga harga vespa, harga harga sepeda motor, bahan selimut yang bagus, harga sepeda bermotor, harga motor yang paling murah, diskon motor, jual murah motor,
Pengguna pembaca layar, klik di sini untuk mematikan Google Instan.
azis
Google


jual crystal x di jakarta


WebBeritaGambarMapsLainnyaAlat penelusuran
Sekitar 471.000 hasil (0,42 detik) 
Jual Crystal X Original - mengatasikeputihan.net‎
Iklanwww.mengatasikeputihan.net/‎
Distributor Resmi, Asli 2 Hologram Gratis Ongkos Kirim Se-Indonesia
Crystal X Asli Resmi BPOM - crystallx.com‎
Iklanwww.crystallx.com/‎
Crystal X 100% Asli Resmi BPOM Order Crystal X Asli Sekarang
Request allShow as CSVSavehl:gl:Reload
PR I L LD I Rank Age Rank
Hasil Telusur
1. 
Distributor Resmi Crystal X | Menyediakan Crystal X Asli ...
mengatasikeputihan.net/
Menyediakan Crystal X Asli dengan 2 Hologram Asli NASA. Crystal X ..... D sni jg bnyk yg jual tpi tkut gk asli. ADMIN ... kami ada di Mampang, Jakarta Selatan
‎Reseller - ‎Contact Us - ‎Order - ‎Payment
 SEOquake PR: 0 I: 45 L: 1 LD: 1 I: 16 Rank: 7408841 Age: September 8, 2012 whois source Rank: n/a
2. 
Jual Crystal X Asli Nasa | Solusi Mengobati Keputihan dan ...
www.crystalxjakarta.com/
CRYSTAL X JAKARTA agen resmi nasa di jakarta siap antar crystal x ke rumah anda daerah jakarta dan sekitarnya silahkan kontak kami segera.
 SEOquake PR: 0 I: 4 L: 0 LD: 0 I: 4 Rank: n/a Age: December 30, 2012 whois source Rank: n/a
3. 
Jual | Agen | Distributor | Reseller | CRYSTAL X ASLI NASA ...
www.crystal-x.co.id/
Stockist Resmi Crystal X Hub 085691188289 / 299146B4 Free Ongkir. Solusi obat ... Contoh: Ibu Nina # 1 pcs # Jl. raya jakarta # mau pakai bca. Kirim Ke ...
 SEOquake PR: 0 I: 8 L: 0 LD: 0 I: 8 Rank: 15659064 Age: August 17, 2013 whois source Rank: n/a
4. 
Jual Crystal X Garansi Asli PT NASA - Jual Crystal X Asli ...
www.idcrystalx.com › Crystal X › Harga Crystal X
 Skor: 4,5 - ‎Diulas oleh Irfan Sulistyawan
14 Apr 2015 - Jual Crystal X Asli NASA Telp 08562735335 Pin 2BD88545. ... Melayani pengiriman seluruh Indonesia serperti Jakarta, palembang, riau, ...
 SEOquake PR: n/a I: 7 L: 0 LD: 620 I: 10 Rank: 851616 Age: June 11, 2015 whois source Rank: 23202812
5. 
Jual Crystal X Asli NASA Jakarta - (nasa) yogyakarta
www.crystalx.web.id › Crystal X
29 Okt 2014 - Jual Crystal X asli NASA di Jakarta. Brand Crystal X di Jakarta sudah sangat terkenal sehingga banyak wanita di jarka langsung mencari ...
 SEOquake PR: n/a I: 61 L: 0 LD: 1 I: 3 Rank: 2283311 Age: October 21, 2011 whois source Rank: 17203521
6. 
Crystal X Obat Keputihan - Jakarta Big Sale
jakartabigsale.com/crystal-x-obat-keputihan-dan-segala-macam-masalah-...
Jual Crystal X Obat Keputihan dan Segala Macam Masalah Organ Kewanitaan.
 SEOquake PR: n/a I: 452 L: 0 LD: 9 I: 704 Rank: 6157164 Age: August 1, 2015 whois source Rank: 8031791
7. 
Distributor Crystal X Di Jakarta | CRYSTAL X
www.vie-x.com/tag/distributor-crystal-x-di-jakarta
Tag Archives: distributor crystal x di jakarta. Nov 6 ... century · distributor crystal x jakarta · apotek dijakarta jual crystal x ? crystal x toko jakarta · crystal x di apotik.
 SEOquake PR: n/a I: wait... L: 0 LD: 0 I: 90 Rank: n/a Age: October 11, 2012 whois source Rank: n/a
8. 
Jual Crystal X Asli Di Jakarta | boskopi.com
boskopi.com/jual-crystal-x-asli-di-jakarta/
20 Mar 2015 - Jual Crystal X Asli Di Jakarta, Jakarta Barat, Utara, Timur dan Selatan, kami melayani pemesanan Crystal X bagi anda yang tinggal di Jakarta ...
 SEOquake PR: n/a I: wait... L: 0 LD: 145 I: 89 Rank: 1857834 Age: August 1, 2015 whois source Rank: 14740211
9. 
Daftar Harga Crystal X Nasa Indonesia | DISTRIBUTOR PT ...
www.crystalxme.com › Crystal X › Harga Crystal X
Berikut daftar harga crystal x nasa di seluruh wilayah indonesia, tetapi untuk ... Madura, Jakarta, Banten, Depok, Bandung, Tangerang, Bekasi, , Bogor dan lain ... Harga Jual Crystal X untuk wilayah A : Rp.200.000,- Yaitu meliputi wilayah ...
 SEOquake PR: n/a I: wait... L: 0 LD: 2330 I: 51 Rank: 1310108 Age: July 20, 2014 whois source Rank: 17203505
10. 
crystal x jakarta | Distributor Resmi Crystal X
https://crystalx4.wordpress.com/tag/crystal-x-jakarta/
Posts about crystal x jakarta written by Uswatun Hasanah. ... Jual Crystal–x untuk atasi keputihan, merapatkan Vagina. 18 Feb 2011 – Dengan Crystal–X bisa ...
 SEOquake PR: n/a I: wait... L: 0 LD: 2 I: 5 Rank: n/a Age: May 14, 2011 whois source Rank: n/a
Crystal X 100% Asli BPOM‎
Iklanagenresmicrystalxasli.weebly.com/‎
Tersedia Crystal X Asli Resmi BPOM Order Crystal X Sekarang
Penelusuran yang terkait dengan jual crystal x di jakarta
jual crystal x di bekasi
jual crystal x asli murah beli 3 dapat 5
jual crystal x kaskus
jual crystal x murah asli obat keputihan
jual crystal x original
jual crystal x asli mengatasi & menghilangkan keputihan
jual crystal x facebook
jual crystal x di depok
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Berikutnya

_________________________________


0 komentar:

Posting Komentar