Senin, 21 September 2015

Mempelajari Strategi SEO dari Kompetitor Anda

Mempelajari Strategi SEO dari Kompetitor Anda



Anda yang memiliki bisnis berupa website, ataukah bisnis lain yang mengandalkan pemasaran menggunakan website, pastilah sudah pernah mendengar istilah Search Engine Optimization alias SEO. Secara ringkas, SEO adalah rangkaian proses yang diupayakan agar ada peningkatan trafik kunjungan ke sebuah website dengan cara memanfaatkan algoritma suatu mesin pencarian.
Nah, seringkali kita melihat kompetitor atau website lain yang memiliki tingkat kunjungan lebih tinggi dari website yang kita punya. Tidak ada salahnya bagi kita untuk mempelajari strategi yang mereka gunakan. Bukan berarti kita hanya ikut-ikutan saja, tetapi dalam bisnis kita dituntut untuk selalu belajar dari siapapun juga, termasuk kompetitor.
Supaya lebih terang, ada baiknya kita mengenal dulu secara singkat makna dari kompetitor di sini. Ada tiga jenis kompetitor yang perlu anda mengerti. Pertama, kompetitor yang berbagi pasar dengan anda, yang menjual barang yang sama dengan yang anda jual. Kedua, kompetitor yang menjual produk yang berbeda, tetapi memenuhi jenis kebutuhan konsumen yang sama. Misalnya, anda punya perusahaan taksi, kompetitor anda adalah Go-Jek. Ketiga, kompetitor yang menjual produk yang berbeda, tetapi dapat merebut pelanggan anda.
Baca: Menunggu Gebrakan Go-Jek Selanjutnya
Dari ketiga jenis kompetitor tersebut, kita bisa memelajari bagaimana strategi SEO mereka. Tentu saja kita harus memilih kompetitor yang lebih baik dari perusahaan atau website yang kita miliki. Lantas apa saja yang bisa kita perhatikan?
:: Pelajari Bahasa yang Digunakan Kompetitor Anda Ketika Bicara dengan Klien
Tentu saja kita harus menerjemahkannya ke dalam konteks website. Penekanan di sini adalah soal keyword atau kata kunci. Kata kunci adalah kata atau frasa yang diketikkan oleh pengguna di mesin pencarian untuk menemukan suatu informasi. Setiap kata kunci sebenarnya merepresentasikan kebutuhan seseorang untuk menemukan sebuah pelayanan, produk, ataupun informasi yang relevan. Jadi ketika anda lalai memanfaatkan kata kunci, anda juga tak akan kedatangan klien yang membutuhkan anda. Maka pelajarilah bagaimana kompetitor anda menggunakan kata kunci, maka anda akan mengetahui bagaimana mereka membina komunikasi dengan klien mereka. Salah satu cara yang dianggap mudah adalah dengan menggunakan bantuan tools tertentu seperti Open Site Explorer, Alexa, dan sebagainya.
:: Pelajari AdWords yang Digunakan Kompetitor
Advertising atau periklanan adalah bagian paling esensial dari setiap kampanye pemasaran suatu produk. Saking pentingnya, suatu kesalahan bisa jadi sangat merugikan anda. Wujudnya bisa jadi memilih audiens yang salah, pesan yang salah, atau penempatan yang salah akan membuang uang anda. Itulah mengapa sering dikatakan bahwa pengiklanan bukanlah lahan untuk bereksperimen. Lantas, apa saja yang perlu kita lihat dari kompetitor kita terkait ini?
Daftar kata kunci pengiklanan yang digunakan kompetitor. Setiap kata kunci yang mereka gunakan adalah nama dari produk yang mereka jual. Membandingkan daftar kata kunci mereka dengan kata kunci yang kita sendiri gunakan akan membantu anda untuk menemukan kesenjangan yang menarik untuk kita atasi.
Analisislah kalimat-kalimat iklan yang mengundang audiens untuk datang. Membaca kalimat iklan milik kompetitor yang biasanya diletakkan di bagian paling atas hasil pencarian bisa jadi sangat berguna. Kita bisa tahu kata-kata penarik apa yang mereka gunakan. Perhatikan juga bagaimana cara mereka memberikan penawaran secara khusus, misalnya, memberikan potongan, bonus, dan sebagainya.
Menganalisis AdWords sebenarnya bukan hanya mengumpulkan atau membandingkan kata-kata iklan. Ini adalah soal mengidentifikasi penawaran baru dan tren yang berlaku di pasar. Itulah mengapa mempelajari AdWords adalah sebuah keuntungan bagi anda sendiri.
Baca: 10 Cara Meningkatkan Pengunjung di Website
:: Memberikan Backlink
Anda sudah pernah mendengar link-building? Ini adalah bagian lain dari strategi optimisasi. Konsepnya adalah semacam merekomendasikan seorang kawan pengusaha kepada klien kita karena kita mengetahui kualitas dan menghormati teman kita itu. Jadi ini terjadi ketika sebuah tautan website direkomendasikan oleh website yang lain. Itulah mengapa link-building menjadi penting layaknya partner dan promosi dalam bisnis yang biasa. Anda bisa memanfaatkan blog dan majalah untuk membantu anda memberitahukan kepada pelanggan soal produk dan layanan yang anda tawarkan.
Ada beberapa tools khusus yang dapat anda gunakan untuk mengetahui daftar website apa saja yang memiliki tautan ke website kompetitor anda. Yang perlu anda lakukan adalah menawarkan kerja sama link-building ini dengan website yang memiliki peringkat yang bagus. Salah satu tools terbaik yang sering direkomendasikan adalah Ahrefs. Keuntungan dari ini adalah tersedianya kapasitas besar untuk melihat data.
:: Bandingkan Website Anda
Sebenarnya ini bukan lagi soal membandingkan SEO saja, tetapi ini adalah informasi penting yang perlu anda ketahui. Ada hal-hal lain yang bisa anda bandingkan antara website anda dengan kompetitor anda. Berikut aspek-aspek lain yang layak untuk anda perbandingkan tanpa menggunakan tools khusus, cukup tajamkan pandangan anda:
Homepage. Bagian ini harus menyediakan informasi dasar soal produk atau layanan anda, serta informasi dasar (kontak) tentang anda. Jenis informasi apakah yang ada di website anda? Apakah cukup menarik bagi audiens?
Site map. Ini adalah soal layout dan kemudahan audiens untuk menemukan produk yang mereka inginkan. Apakah anda sudah mengatur website anda sehingga mudah digunakan? Apakah mudah untuk menemukan produk tertentu? Butuh berapa klik untuk menemukan apa yang anda cari?
Penggunaan. Apakah website yang anda gunakan sudah termasuk user-friendly? Apakah semuanya bisa dipahami dengan mudah? Berapa waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pendaftaran dan pemesanan produk?
Desain. Seakan remeh, padahal ini penting sekali. Desain haruslah bersih, jelas, dan mudah untuk bernavigasi melakukan pencarian. Selain itu, desain adalah karakter khusus dari website anda. Pastikan membuat pengunjung nyaman berada di sana.
Konten. Ini hal terakhir yang sangat penting. Semua yang ada di atas akan percuma kalau anda memasukkan konten yang buruk. Buatlah konten yang menarik, lengkap, dan pastikan anda menyediakan ruang untuk berinterakasi.
Dari perbandingan SEO dan banyak aspek di website tersebut kita tentunya perlu menyadari bahwa kita bukan bertujuan untuk meng“copy-paste” strategi yang mereka terapkan. Strategi SEO dan pemasaran adalah resep yang tidak selalu bisa digunakan pada setiap kondisi, artinya, butuh seni juga untuk bisa memaksimalkan penggunaan hal ini.

0 komentar:

Poskan Komentar